Cara Atau Tutorial Untuk Mengatasi Handphone Yang Lemot

Seiring berjalannya kemajuan telekomukasi dan teknologi, kirim foto, video, maupun transfer file bisa lewat smartphone android, Setiap orang tentu sangat membutuhkan gadget ini. karena dengan adanya smartphone, orang yang merasa dirinya sendirian pun akan menjadi seperti mempunyai teman dekat. Ini mengapa smartphone dapat dikatakan sebagai perangkat utama manusia. Baik untuk hiburan, pekerjaan, aktifitas perbankan, meeting, belajar, aktifitas jual beli dan lain sebagainya. Rasanya seperti sudah teratasi oleh perangkat yang satu ini. Dengan ponsel pintar, orang bisa mengerjakan apapun dan dimanapun.

Namun, handphone android Anda seringkali terasa semakin lambat atau lelet kinerjanya. Hal seperti ini tentu akan mengecewakan, apalagi kalau yang dibeli adalah ponsel mutakhir dengan harga hampir mencapai puluhan juta rupiah. Saat baru pertama kali dibeli, ponsel Android bekerja dengan cepat dan lancar. Biasanya setelah beberapa bulan dipakai barulah terasa kinerjanya berkurang. Kinerja yang lambat tersebut sebenarnya tidak selalu permanen. Ada saja yang terjadi karena suatu sebab dan bisa disembuhkan dengan menempuh cara-cara tertentu.

 

1. Bersihkan atau backup gambar tak terpakai

Ini mendasar sekali. Semakin banyak gambar yang tersimpan di handphone anda otomatis kapasitas penyimpanan pun semakin berkurang. Ini sejalan juga dengan kinerja ponsel yang anda gunakan.

Untuk gambar memiliki pengaruh yang cukup tinggi. Setiap gambar asli tanpa kompresi biasanya menghasilkan resolusi dan ukuran yang besar. Itu untuk satu gambar. Semakin banyak gambar yang tersimpan maka ruang data ponsel Anda hanya habis dengan file ini saja. Untuk itu bersihkan gambar yang memang sudah tidak terpakai atau Anda bisa membackup-nya terlebih dahulu di penyimpanan online.

2. Hapus atau nonaktifkan aplikasi tak terpakai

Bila Anda telah memasang aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak terpakai, segera uninstal aplikasi tersebut. Pasalnya aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai itu tidak berperan aktif dalam aktifitas Anda. Hanya memenuhi ruang data ponsel Anda saja. Bila menemukan aplikasi yang jarang atau tidak pernah dipakai, segeralah dihapus. Pasalnya aplikasi tersebut juga akan memenuhi ruang pemrosesan dalam ponsel. Artinya, aplikasi tersebut punya andil dalam membebani kinerja.

Jika tidak bisa dihapus, biasanya Anda tetap bisa mematikan aplikasi tersebut supaya tidak memakan memori. Caranya, masuk ke Settings > Apps dan perhatikan aplikasi yang ada di sana. Bila menemukan salah satu atau beberapa yang ternyata tak berguna, langsung sajak klik dan pilih disable untuk mematikan tanpa menghapusnya atau uninstall agar langsung dihapus.

3. Bersihkan cache aplikasi pada  handphone Anda

Cache merupakan data yang tersimpan sementara di memori telepon pada saat Anda menggunakan aplikasi ponsel Anda. Dari setiap aplikasi yang telah digunakan akan menghasilkan file cache tersendiri.

Maka dari itu file cache ini akan membutuhkan ruang penyimpanan dan sistem operasi akan menghasilkan file cache dari setiap penggunaan aplikasi-aplikasi yang lain. Dengan demikian file cache ini berpengaruh terhadap kapasitas ruang penyimpanan data di ponsel Anda dan usahakan untuk menghapusnya secara rutin.

File cache ini tersimpan secara otomatis saat Anda telah menggunakan aplikasi. Tujuan dari tersimpannya file cache ini yaitu untuk mempercepat Anda saat membuka kembali aplikasi di lain waktu dan ini cukup bermanfaat untuk Anda.

Namun jika file cache ini dibiarkan terus menerus menumpuk maka kapasitas memori ponsel anda akan terkikis penuh dengan file cache ini saja. Dan tentunya ini akan berdampak pada kinerja perangkat Anda. Misalnya Anda ingin transaksi pulsa di aplikasi android portalpulsa terus lancar, maka lebih baik menghapus cache.

Agar kinerja ponsel pintar Anda lebih ringan dan tidak cepat panas hapuslah file cache ini dengan masuk ke pengaturan lalu pilih aplikasi. Pada saat itu biasanya Anda akan menemukan dua pilihan antara copot pemasangan dan hapus file cache. Di beberapa ponsel langah ini hampir semuanya mirip. Jika ada perbedaan pun tidak akan terlalu rumit untuk mencarinya.

Namun jika di perangkat Anda sudah terpasang aplikasi CC Cleaner atau Clean Master ini akan lebih memudahkan. Semua file-file sampah termasuk cache akan dibersihkan disini.

4. Nonaktifkan Sinkronisasi Otomatis

Sinkronisasi otomatis ini merupakan sebuah fitur pada ponsel yang fungsinya yaitu untuk sinkronisasi antara ponsel dengan server dari setiap akun yang digunakan pada ponsel tersebut. Sinkronisasi otomatis ini bekerja dengan cara memberikan pemberitahuan seputar update terbaru dari berbagai akun yang telah disinkronkan. Seperti pemberitahuan email masuk, facebook notification, instagram notification dan sebagainya. Sinkronisasi otomatis ini berpengaruh pada kinerja  ponsel Anda. Semakin banyak sinkronisasi maka perangkat semakin rentan kelambatan dari peforma ponsel Anda.

Maka dari itu untuk menghindari kinerja ponsel Anda menjadi lambat, pilihlah beberapa aplikasi yang memang penting untuk sinkronisasi otomatis dengan akun Anda. Biasanya cukup e-mail saja untuk sinkronisasi otomatis ini. Untuk pengaturannya Anda bisa telusuri sesuai dengan type ponsel yang Anda gunakan.

5. Pasang Memori Eksternal

Penggunaan memori eksternal ini rasanya akan membantu Anda dalam management file yang tersimpan di ponsel Anda. Mengapa demikian, karena jika management file Anda rapih dan terpisah di dalam ruang memori yang berbeda yaitu internal dan eksternal, maka akan berpengaruh pada kinerja perangkat yang Anda gunakan.

Jika semua data Anda gabungkan hanya di memori internal saja tentu kapasitas tersebut akan cepat penuh. Seiring dengan penggunaan ponsel saat ini yang cukup padat sekali aktifitasnya dan memerlukan ruang yang cukup besar rata-ratanya maka diperlukan memori eksternal untuk mengantisipasi masalah kinerja ponsel kedepannya.

6. Reset data atau kembali ke setelan pabrik

Ini Opsi terakhir dari beberapa solusi di atas. Jika benar-benar ponsel Anda blank maka gunakan opsi ini. Namun sebelum tahap ini Anda lakukan, alangkah baiknya untuk melakukan backup terlebih dahulu semua data-data Anda. Baik itu disimpan di online ataupun perangkat laptop anda. Opsi ini bisa menghapus seluruh data termasuk aplikasi yang anda gunakan dan anda harus melakukan download ulang untuk menggunakan aplikasi-aplikasi yang telah Anda instal sebelumnya. Untuk opsi ini sebenarnya cukup bagus untuk sistem operasi ponsel Anda, bisa lebih awet dan jauh dari malware ataupun virus.

Dari beberapa cara di atas gunakan sesuai dengan porsi dan permasalahan yang terjadi dengan ponsel Anda. Termasuk kategori ringan, sedang ataupun berat. Anda bisa mempertimbangkannya agar ponsel Anda terlindungi secara sistem dengan baik.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel